Sabtu, 20 Juli 2013

Semakin Dekat ke Pembukaan Kualanamu International Airport


 Bandara Kualanamu (Sumber Gambar)
Semakin dekat saja pembukaan Bandara Kualanamu atau biasa juga disebut Kuala Namu. Tepatnya kurang 4 hari lagi saat saya tulis post ini.  Bandara Kualanamu atau bisa disebut juga dengan kode resminya IATA: KNO sementara ICAO: WIMM atau orang-orang juga ada yang memanggilnya KNIA (Kuala Namu International Airport).

image hosted on flickr
 
Suasana Interior Bandara (Sumber Gambar)

Bandara yang berkode KNO ini akan menjadi yang bandara pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan kereta api. Dari Medan kita bisa menggunakan ARS (Airport Railink Services) menuju bandara Kualanamu dengan tiket seharga Rp 80.000. Tentu saja kita akan terbebas dari kemacetan jalan. Jalur KA dari Medan ke Kualanamu 29 km. Saat ini untuk oprasional KA masih menggunakan kereta sementara kiriman dari Jawa, namun setelah itu akan datang Kereta dari Woojin, Korea. Kabar terakhir  yang saya tahu kereta dari Korea akan datang September. Stasiun Medan dan Kuala Namu dibuat senyaman mungkin untuk penumpang dan penjemput. Disediakan fasilitas WiFi, toko-toko ritel, restoran dan cafe, tempat ibadah, hingga ruang ibu hamil dan menyusui. Kereta ini akan menggunakan layanan tiket elektronika (e-ticketing) yang juga bisa dibeli dengan uang elektronika, seperti kartu debit atau kartu kredit.
Desain KA dari Korsel (Sumber Gambar)

 Airside (sumber gambar)

Bandara berarsitektur modern ini akan dilengkapi dengan Bagage Hadling System (BHS) level 5. Tidak semua bandara di Indonesia memiliki Bagage Handling System yang modern seperti di Kualanamu. BHS adalah sistem penanganan bagasi di airport yang secara otomatis bisa mendeteksi barang-barang berbahaya ataupun bagasi yang bisa disusun sesuai tujuan. Bagi yang pingin tahu apa itu BHS lebih lengkap, tanyakanlah pada mbah google. Sistim secanggih ini di Indonesia baru ada di Kualanamu.

Suasana ujicoba bandara (sumber gambar)

Boarding Pass Scanner (sumber gambar)

image hosted on flickr

Waiting Room Domestik(sumber gambar)
Dengan investasi mencapai Rp 4 triliun yang berasal dari APBN, bandara ini benar benar modern. Bandara ini akan terlihat glassy karena banyak menggunakan jendela. Penerangan pada siang hari
dibantu oleh cahaya matahari. Di dalam bandara terdapat commercial area yang menurut saya nggak kalah dengan mewahnya mall.

 Area pemeriksaan saat ujicoba bandara (sumber gambar)

Interior Kualanamu (sumber gambar)

Lokasi Bandara Kualanamu merupakan bekas areal perkebunan PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa, terletak di Kuala Namu, Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang. Kuala Namu akan menggantikan Bandara Polonia yang sudah berusia lebih dari 70 tahun. Saat selesai dibangun, Kuala Namu yang diharapkan dapat menjadi bandara pangkalan transit internasional untuk kawasan Sumatra dan sekitarnya. Bandara ini siap dipakai pada tanggal 25 Juli nanti.
 Area kedatangan (sumber gambar)

Kita doakan saja besok tanggal 25 Juli, bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II ini sukses dibuka. Semoga pembukaan disaat bulan Ramadhan ini juga memberi berkah Ramadhan pada Kualanamu airport ini. Selain menunggu pembukaan bandara ini, saya juga masih menunggu pembukaan tiga bandara lagi di Indonesia. Sepinggan, Ngurah Rai, dan Terminal 3 (T3) Ultimate Soekarno Hatta. Kalau mau tau ketiga bandara itu cari aja ke mbah gugel.

Sumber: detik.com  | skyscrapercity.com | wikipedia.org |

Baca Juga :
Gedung-gedung Baru di Malang
Film Animasi Karya Anak Bangsa
Mengapa Lampu Kabin Dimatikan Saat...
Gardens By The Bay, Hebat!
Gedung Raksasa dari Botol Plastik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar